Kontol tekukur selama ini bukan hanya banyak dipelihara sebagai burung hias atau butuh berkicau di rumah, melainkan pun diternakkan bagi menjadi “pengasuh” burung enggak seperti perkutut atau derkuku. Harga burung puter di pasaran pun berbagai ragam, bisa mencapai ratusan mili rupiah sendirisendiri ekor bikin diversifikasi-spesies tertentu. Apalagi karena adanya mitos yang menamakan bahwa memelihara zakar balam putih bisa mendatangkan murah rezeki.

Pelir puter dalam sangkar (sumber: hewandijual.com)

Riuk satu mandu nan umum dilakukan untuk memacu produktivitas peliharaan tekukur jarum merupakan dengan menceraikan piyik perkutut menggunakan puter sebagai butuh pengasuh. Dengan merarai piyik perkutut saat berumur 5-8 hari, induk tekukur jarum nonaktif membesarkan anaknya dan bisa segera bertelur kembali. Kapasitas tekukur jarum akan meningkat 2-3 mungkin lipat dibandingkan dengan jikalau induk merbuk harus menunggu piyiknya sampai besar.

Kalam puter dipilih sebagai burung wali karena ingin memberi makan (meloloh) piyik ketitir meskipun bukan anaknya seorang. Pasangan emak puter akan memberi makan sebatas piyik perkutut siap bagi dipisahkan. Ciri butuh tekukur yang baik untuk menyapih piyik perkutut adalah yang sedang mengerami telur setidaknya sudah 10 hari. Pron bila itu, burung dederuk sudah menghasilkan susu rahim sehingga bisa memberi makan piyik perkutut.[1]

Di Indonesia, sedikitnya cak semau beberapa variasi burung puter nan sayang dipelihara, misalnya sekadar burung balam lazim, burung puter irak, titit puter ceria, sebatas kalam puter lumut maupun dederuk Jawa. Kebanyakan, burung puter memakan beberapa jenis ponten-bijian seperti gabah, jagung berasal, beras ketan, bin lahan sangrai tumbuk kasar, hingga polong hijau. Anda lagi bisa memberinya pakan alternatif buatan pabrik sebagaimana voer alias pellet. Selain itu, berikan grit atau bata merah yang digerus kecil-kecil untuk membantu sistem pencernaan burung dederuk di makanan.

Baca :   Bando Dari Kain Perca

Beberapa orang biasanya lebih gemar memelihara burung puter nekat dibandingkan betina karena kritik zakar puter jantan disebut-ujar bertambah nyaring dan dapat merinai berulang-ulang. Meski demikian, ada pula nan memelihara sejodoh maupun sepasang cak bagi kemudian diternakkan.

Prinsip Membedakan Burung Puter Jantan & Betina

Buat membebaskan burung puter nekat dan lebah ratulebah, Dia bukan boleh hanya berpatokan pada warna bulunya. Pasalnya, beberapa jenis ceceh puter jantan dan betina ada yang mempunyai dandan bulu nyaris sama. Beberapa hal yang dapat Beliau bedakan adalah dari tulang supit atau selangka nan terasa lebih keras dan berdampingan lega burung dederuk jantan. Selain itu, burung balam jantan kembali dapat “mbekur” atau berkicau dengan suara yang keras dan berulang-ulang saat menjajarkan pasangannya.

Sebaliknya dengan butuh tekukur betina, punya lemak tulang supit nan terasa lunak dan renggang. Kemudian, burung puter betina kebanyakan akan memanggil pejantan dengan bekur, tapi pelan dan tidak berulang. Kabarnya, saat betina memasuki usia masak, akan berbuntut walaupun tanpa burung puter jantan. Belaka kondisi tersebut belaka menghasilkan telur yang bersifat steril karena minus melalui proses pembuahan makanya bahaduri. Makara, meski dierami sekali lagi, telur steril itu tak akan menetas. Banyak basyar menjuluki telur steril tersebut dengan telur pakan.

Pelestarian burung tekukur pun enggak sesak sulit dan hampir sama seperti burung celoteh pada umumnya. Engkau hanya wajib melatihnya untuk berkicau, kerap memberi pakan nan berkualitas dan juga vitamin, rajin menjemur dan memandikannya, serta sebagainya. Berikut pesiaran harga burung puter di pasaran.

Burung puter
Burung puter

Harga Zakar Puter

Keberagaman Kalam Balam Harga
Zakar Balam Albino Retina Mata Merah  Anakan Rp111.111 per pasang
Burung Tekukur Irak Nyali Gacor Rp150.000 masing-masing ekor
Ceceh Puter Albino Retina Mata Merah Betina Dewasa Rp160.000 per ekor
Burung Puter Albino Retina Mata Merah Jantan Dewasa Rp195.000 per ekor
Titit Puter Balar Retina Mata Abang  Anakan Lolohan 2 minggu Rp185.000 per ekor
Pelir Puter Blorok Jambul Betina Rp220.000 per ekor
Butuh Puter Albino Retina Alat penglihatan Berma Dewasa Rp295.000 per pasang
Butuh Puter Tangerine 3 bulan Rp300.000 saban ekor
Burung Puter Pelung Rp350.000 tiap-tiap ekor
Baca :   Cara Menghias Sandal Jepit Dari Kain Flanel

Takrif harga kontol puter di atas dirangkum dari bermacam-macam sendang. Perlu Anda ingat bahwa harga ceceh balam itu dapat mengalami perlintasan serentak-tahun sonder amanat sebelumnya. Selain itu, harga burung puter yang dolan di setiap medan dapat saja berlainan-beda, tergantung berbunga penawaran pihak penjual. Sebagai perbandingan, tahun lalu harga penis puter Rp100 ribu hingga Rp500 ribu per ekor dan Rp550 ribu saban pasang.

[Update: Almas]

[1]
Sugiharto, Bayu & Maloedyn Sitanggang. 2011. Mencetak Perkutut Pemenang. Jakarta: Agromedia Pustaka.